Senin, 27 Februari 2012

kewirausahaan bab 3

1.       Dia merupakan pengusaha asal Indonesia. Namanya dikenal luas sebagai usahawan sukses bersama perusahaan yang dipimpinnya, Para Group, Chairul telah memulai berbisnis ketika ia kuliah dari Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Perusahaan konglomerasi miliknya, Para Group menjadi sebuah perusahaan bisnis membawahi beberapa perusahaan lain seperti Trans TV dan Bank Mega 

2.       Sumber-sumber potensial di bagi 2 yaitu :

·         Internal : menejemen pemasaran, menejemen operasi, menejemen keuangan, dan menejemen sumber daya alam
·         Eksternal di bagi 2 lagi yaitu mikro (pesaing, customers, center, chanel of distribution) sedang kan makro (ekonomi, sosial, budaya, politik, geografi, alam, tekhnologi)
3.       Bekal pengetahuan yang harus dimiliki wirausaha meliputi :
·         Bekal pengetahuan atas usaha yang akan di rintisdan linkungan usaha yang ada
·         Bekal pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab
·         Bekal pengetahuan tentang menejemen dan organisasi bisnis.
Sedangkan bekal keterampilan meliputi :
·         Bekal keterampilan konseptual dalam mengatur strategi dan memperhitungkan resiko
·         Kreatif dalam menciptakan nilai tambah
·         Memimpin dan mengelola
·         Berkomukasi dan berinteraksi
·         Teknik usaha yang akan dilakukan
4.       Penyaringan ide-ide usaha :
·         Ide dapat di gerakan secara internal melalui perubahan cara-cara/ metodeyang lebih baik untuk melayani dan memuaskan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan
·         Ide dapat di hasilkan dalam bentuk produk dan jasa baru
·         Ide dapat di hasilkan dalam bentuk modifikasi sebagaimana pekerjaan dilakukan dilakukan

5.       Ide usaha untuk semester ini yaitu mencoba berjualan asesoris wanita,  mulai dri kalung gelang cin-cin dan juga baju-baju wanita, karena wanita lebih sering berbelanja di banding pria sehingga akan menciptakan sebuah peluang. Model pengembangannya dengan cara promosi melalui media internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar