Kamis, 26 April 2012

Bab 9: Perspektif Dalam Perusahaan Keluarga


Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas dan berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!!
  1. Jelaskan bentuk-bentuk usaha yang dimiliki perusahaan keluarga!
·         Family owned business (FOB). Pada bentuk FOB keluarga hanya sebagai shareholder, pengelolaan perusahaan diserahkan kepada eksekutif profesional dari luar lingkungan keluarga, dan saudara yang lain tidak ikut mengendalikan perusahaan.
·         Family business (FB). Pada FB, keluarga bertindak sebagai shareholder juga mengurus perusahaan artinya perusahaan dimiliki dan dikelola oleh anggota keluarga pendiri.
·         Business family (BF). Bentuk perusahaan BF keluarga sebagai pemilik perusahaan cenderung menekankan pada hubungan kekerabatan saja.

  1. Apakah perusahaan yang saudara pelajari termasuk perusahaan keluarga pada awalnya? Jelaskan !
Toko acecoris yang sudah saya kunjungi pada pekan kemarin memang betul merupakan perusahaan keluarga, karena adanya keterlibatan anggota keluarga dalam usaha ini. Seperti adiknya yang menjadi karyawan di toko acecoris tersebut.
  1. Jelaskan manajemen dalam perusahaan keluarga! Berikan contoh pada pengusaha atau perusahaan yang saudara pilih!

Kompleksitas hubungan dalam perusahaan keluarga memerlukan manajemen yang terbuka, artinya manajemen yang dikelola secara profesional. Manajemen yang baik diperlukan untuk kesuksesan tiap bisnis. Praktek manajemen bisnis keluarga yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
·         Merangsang pemikiran dan pemahaman strategi bisnis yang baru
·         Merekrut dan mempertahankan manajer non keluarga yang baik
·         Menciptakan organisasi yang fleksibel dan inovatif
·         Menciptakan dan melindungi modal
·         Menyiapkan pengganti kepemimpinan (suksesi)
satu permasalahan umum yang dihadapi ketika perusahaan keluarga berkembang adalah menentukan gaya bisnis apa yang sebaiknya diterapkan dalam manajemennya. Ketika perusahaan masih dalam taraf kecil, manajemen keluarga masih dapat digunakan. Tetapi makin besar perkembangan usahanya, gaya manajemen tentunya harus berubah karena kemungkinan tidak lagi mampu jika hanya anggota keluarga yang mengelola.
Ciri negatif yang harus dihindari oleh perusahaan keluarga antara lain; kurang formalitas, pemisahan urusan personal bisnis yang tidak jelas, serta kepemimpinan ganda. Hubungan interpersonal yang emosional juga harus dihindari. Dalam bisnis keluarga, sikap-sikap jujur, ulet dan tidak serakah akan membawa pada perkembangan yang baik. Sifat jujur diperlukan agar orang tetap percaya dengan setiap perkataan dan perbuatannya. Sikap ulet dapat mendorong seseorang untuk maju dan tidak gagal. Sikap tidak serakah mencegah seorang pengusaha tidak fokus dalam melakukan ekspansi usahanya. Contohnya Perusahaan bisnis keluarga yng terbesar di dunia adalah McGraw-Hill, sebuah industri penerbitan dan periklanan. Perusahaan ini terkenal sebagai penerbit buku-buku cetak terbesar di dunia. Contoh lainnya yaitu Levi Strauss, perusahaan pembuat jeans terbesar. Bisnis ini telah diturunkan pada beberapa generasi dan tetap berkembang. 

  1. Jelaskan faktor-faktor kunci keberhasilan dalam perusahaan keluarga! Berikan contoh pada pengusaha atau perusahaan yang saudara pilih!
·         ownership concentration related to corporate productivity and speed to the market. Kebanyakan perusahaan keluarga masih menguasai mayoritas saham, sehingga lebih cepat membuat keputusan strategis karena faktor ownership concentration.
·         patient capital and longterm perspective. Rata-rata bisnis keluarga ingin menjadi bisnis jangka panjang. Bila perusahaan keluarga ini sudah go public, investor yang beli saham-saham perusahaan keluarga berharap untuk jangka panjang.
·         flexibility and easiness in financing the business. Perusahaan keluarga yang mempunyai reputasi baik dikarenakan sang pemilik memiliki track record yang baik, sehingga mendukung sumber pendanaan pihak ketiga, baik dari institusi formal (bank atau lainnya) maupun informal (non financial institution). Faktor ini semakin menjadi keunggulan competitive jika perusahaan telah mencapai kategori medium size company.
  1. Jelaskan strategi untuk membangun bisnis keluarga yang sukses! Berikan contoh pada pengusaha atau perusahaan yang saudara pilih!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar