Kamis, 03 Mei 2012

Bab 10: Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Wirausaha


Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas dan berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!!
  1. Jelaskan yang dimaksud dengan etika bisnis!
Etika bisnis adalah keseluruhan dari aturan-aturan etika, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis yang mengatur hak-hak dan kewajiban produsen dan konsumen serta etika yang harus dipraktekkan dalam bisnis.

  1. Bagaimana penerapan etika bisnis oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih?
Etika bisnis sangat di perlukan dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan persoalan yang ada
  1. Jelaskan hubungan antara etika dan hukum!
Etika dapat dipandang sebagai sarana orientasi bagi usaha manusia untuk menjawab suatu pertanyaan yang fundamental yaitu bagaimana manusia harus hidup dan bertindak ? Moral memuat ajaran-ajaran, wejangan-wejangan, patokan-patokan bagaiamana manusia harus hidup dan bertindak agar menjadi manusia yang baik. Etika merupakan filsafat/pemikiran kritis dan mendasar tentang ajaran dan pandangan moral.

  1. Bagaimana manfaat etika bisnis bagi seorang pengusaha? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
·         .Perusahaan mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
Perusahaan yang jujur akan menciptakan konsumen yang loyal. Bahkan konsumen akan merekomendasikan kepada orang lain untuk menggunakan produk tersebut.
·         Citra perusahaan di mata konsumen baik.
Dengan citra yang baik maka perusahaan akan lebih dikenal oleh masyarakat dan produknya pun dapat mengalami peningkatan penjualan.
·         Meningkatkan motivasi pekerja.
Karyawan akan bekerja dengan giat apabila perusahaan tersebut memiliki citra yang baik dimata perusahaan.
·         Keuntungan perusahaan dapat di peroleh.
Etika adalah berkenaan dengan bagaimana kita hidup pada saat ini dan mempersiapkan diri untuk masa depan. Bisnis yang tidak punya rencana untuk menghasilkan keuntungan bukanlah perusahaan yang beretika.

  1. Bagaimana dampak negative bila pengusaha tidak menjalankan usaha sesuai dengan etika bisnis? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!  
Apabilan seorang pengusaha tidak menjalan sesai dengan etika bisnis maka sebuah perusahaan tersebut tidak akan mempunyai keunggulan untuk bersaing dengan perusahaan yang lainnya.
  1. Jelaskan yang dimaksud dengan tanggung jawab social! Apakah perusahaan saudara menjalankan tanggung jawab social? Jelaskan!
adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumenkaryawanpemegang sahamkomunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
  1. Bagaimana strategi bentuk tanggung jawab social?
·         Strategi reaktif kegiatan bisnis yang melakukan strategi reaktif dalam tanggung jawab sosial cenderung menolak atau menghindarkan diri dari tanggung jawab sosial
·         Strategi defensif
·         Strategi akomodatif
·         Strategi proaktif
9.      Jelaskan tanggapan tanggung jawab social ! berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang sodara pilih
·         Pengaruh dari globalisasi dan internasionalisasi yang memaksa perusahaan untuk dapat menerapkan fungsi tanggung jawab social perusahaan
·         Ditinjau dari jenis perusahaan umumnya perusahaan yang menjalankan fungsin tanggung jawab social dalam perusahaan yang bergerak dalam usaha eksplorasi alam
·         Bentuk tanggung jawab social perusahaan seperti memberikan fasilitas kepada para pekerja atau buruh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar